3 cara Menikmati dan Memaksimalkan Hari Libur


https://Blogengkos.blogspot.com – Hari libur sudah dekat saja. Bahkan banyak mahasiswa sudah mendapati jatah minggu tenangnya sebelum memasuki masa ujian semesternya. Bahkan juga beberapa karyawan dan siswa sudah mendapati jadwal cuti libur untuk menyambut hari raya natal dan tahun baru. Lalu banyak agenda untuk menikmati hari libur. Bahkan terlalu banyak rencana terkadang tidak terlaksana. Banyak janji yang dibuat, juga tidak terlaksana dengan baik. Bagaimana seharusnya menikmati dan memaksimalkan hari libur?
Di artikel ini saya akan membagikan 3 cara menikmati hari libur. Sangat mudah, asalkan kamu benar-benar komitmen untuk melakukannya. Karena 3 hal ini dapat membuatmu bahagia menjalani hari libur. Namun jika tidak kamu lakukan juga tidak masalah. Hanya saja liburanmu akan kurang maksimal. Bisa saja badan terlalu lelah, pikiran malah menjadi tambah pusing, dan masalah lainnya datang saat liburan akhir tahun ini.

Kenali Batasan Diri Dalam Merencanakan Liburan

Tidak maksimalnya liburan dan tidak bisa dinikmati karena kita terlalu memaksakan kehendak. Bermalas-malasan di rumah saja di liburan juga tidak masalah. Karena di rumah saja tidak sampai memikirkan batasan diri. Jika ingin keluar rumah, keluar kota, atau memaksimalkan liburan di luar rumah setidaknya batasan diri harus dipahami. Batasan diri ini kita ketahui sebagai rasa lelah tubuh dan pikiran. Bisa saja seorang ayah menyetir dari rumah menuju tempat liburan. Anak-anaknya menikmati liburan tapi dirinya tidak karena badan sudah terlalu capek di perjalanan. Inilah maksud dari batasan diri. Cobalah buat agenda dimana batasan diri kita masih mampu untuk menjangkaunya. Selain batasan itu ada pada tubuh, juga ada pada uang yang kita punya untuk liburan itu sendiri. Tidak mungkin ingin berlibur ke Singapura tapi tidak punya uang, lalu cari tiket promo, hotel promo, cari pinjaman uang, karena nantinya malah kita sendiri yang lelah dan capek. Belum lagi jika rencana itu gagal ditengah jalan. Tujuan utama kita memaksimalkan dan menikmati hari libur malah tidak terlaksana.

Dengan Siapa Menghabiskan Waktu Liburan

Selain kenali batasan diri, coba lagi kita atur jadwal dengan siapa kita akan menghabiskan liburan. Kita tidak bisa membuat janji pada semua orang untuk liburan kita. Kita tidak perlu mengatur jadwal layaknya saat tidak liburan. Begitu padat dan begitu terencana. Terkadang kita cukup menghabiskan waktu dengan keluarga. Kakak, adik, ayah dan ibu di rumah atau pergi kesuatu tempat. Fokuskan pada beberapa orang saja untuk menghabiskan liburanmu maka kamu akan menikmati liburan dengan maksimal. Prioritaskan beberapa orang saja dulu. Daftar prioritas ingin dihabiskan waktu dengan siapa itu jauh lebih penting. Karena dengan begitu orang yang berada di daftar prioritas paling akhir bisa kita hapus disaat waktu liburan tidak memungkinkan untuk menemati semua janji yang telah dibuat.

Memaksimalkan Hobi yang Terbengkalai

Liburan bisa terasa menyenangkan saat kita mencoba melakukan hal yang tidak sempat kita lakukan pada rutinitas biasa. Bahkan waktu libur sabtu dan minggupun, kita tidak sempat untuk melakukannya. Beberapa orang malah mengasah hobinya ke tingkat yang lebih tinggi di waktu liburan yang lebih panjang di akhir tahun nanti. Cobalah untuk mengerjakan hobi yang ingin sekali kamu lakukan sejak dulu. Hobi baru untuk menambah keahlianmu. Bisa juga mengikuti komunitas dari hobi barumu itu untuk mendapatkan teman baru atau untuk meningkatkan keahlianmu dengan cepat (karena ada orang yang mengoreksi benar atau salah dari langkah-langkah dalam pengerjaan hobimu). Saya sendiri sudah bersiap untuk mencoba hobi baru di akhir tahun ini. Nantinya bisa jadi liburan malah jauh lebih maksimal karena setelah liburan dan bertemu teman-teman, kita punya keahlian yang bisa kita tunjukkan pada mereka.
Nah 3 cara itu bisa memaksimalkan liburanmu. Tentu kamu bisa melakukannya satu saja atau ketiganya secara bergantian. Tentukan siapa yang menemanimu menghabiskan liburanmu, lihat batas kemampuanmu untuk bisa lebih maksimal liburanmu, dan lakukan hobimu agar liburanmu lebih mengasyikkan.
Semoga bermanfaat ya 🙂

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 TIPS Nge-GYM untuk pemula

jual beli powerbank custom online kota tangerang bagus awet di083879593318